Selasa, 23 Februari 2010

REKOMENDASI LAHAN


REKOMENDASI PENANAMAN

Letak
Lahan yang didapat berada di Jl. Dr. Mansur Universitas Sumatera Utara tepatnya di sebelah Hutan Tridharma, Kecamatan Medan Baru dengan letak geografi diantara 060-10037' LS diantara 1060-49035' LT, dengan luas wilayahnya 5,84 km2 dan penduduknya berjumlah 43.524 jiwa.
Adapun Kecamatan Medan Baru berbatasan dengan
Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Medan Sunggal dan Kecamatan Medan Selayang
Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Medan Polonia
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Medan Johor
Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Medan Petisah

Iklim
Lahan tersebut memiliki kelembapan 77% dengan curah hujan rata-rata 2,000 mm per tahun dengan suhu berkisar antara 23,0º C - 24,1º C, kelembapan udara rata-rata 78 - 82 %, kecepatan angin rata-rata sebesar 0,42 m/sec sedangkan rata-rata total laju penguapan tiap bulannya 100,6 mm.

Kondisi Tanah
Kondisi tanah yang ada pada lahan dapat dilihat dengan warna tanahnya yang berwarna kehitaman yang menandakan bahwa tanah tersebut subur.

Vegetasi
Vegetasi yang ada sebelumnya adalah pohon jati putih (Gmelina arborea) dan rerumputan .

Kedekatan dengan Penduduk
Lokasi lahan yang dilihat ini dekat dengan rumah penduduk karena masih berada dalam wilayah Universitas Sumatera Utara.

Aksesibilitas
Akses keluar masuk daerah lahan ini berada dapat dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat meskipun tempatnya agak jauh dari jalan raya.

Tujuan Penanaman
Tujuan diadakannya penanaman di lahan tersebut agar mahasiswa/i yang berhubungan ilmunya dengan tanaman dapat semakin mudah melakukan pembelajaran dengan daerah yang dekat.

Jenis Pohon yang Ditanam
Jenis pohon yang cocok ditanam di daerah lahan ini adalah seperti tanaman sebelumnya yaitu jati putih, karena tanah di daerah tersebut sudah sesuai dengan tanaman jati putih (Gmelina arborea)

Manfaat
Kayu jati mengandung semacam minyak dan endapan di dalam sel-sel kayunya, sehingga dapat awet digunakan di tempat terbuka meski tanpa divernis; apalagi bila dipakai di bawah naungan atap. Jati sejak lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal laut, bahan baku furniture, kayu jati digunakan pula dalam struktur bangunan, venir, keping-keping parket (parquet) penutup lantai. Selain itu juga diekspor ke mancanegara dalam bentuk furniture luar-rumah, ranting-ranting jati yang tak lagi dapat dimanfaatkan untuk mebel, dimanfaatkan sebagai kayu bakar kelas satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar