Selasa, 23 Februari 2010

KOSTERMANTHUS

KOSTERMANTHUS
Julius Zakson Sigiro (071203029)
Teknologi Hasil Hutan

Pohon besar, tunas akhir bukan divaricate. Stipul dengan panjang 7 mm, foliaceous, gigih, lanceolate (sungsang) ke ovate (bulat telur). Helai daun (lamina) glabrous (licin, gundul) pada kedua permukaan dengan papillae pada pembuluh yang memberi suatu penampilan bermanik-manik. Petiolus (tangkai daun) eglandular (berminyak). Susunan bunga di tangkai adalah terminal (diujung ranting) yang little-branched atau tidak bercabang atau axillary (di ketiak daun), raceme (salah satu bentuk bunga majemuk tidak terbatas) atau dengan terlampau banyak cymules pada susunannya dan bunga-bunga menyirip pada tangkai bunga. Butiran-butiran yang kecil, suborbicular (agak bundar), gigih, egalndular (berminyak), bukan merupakan kelompok tunas bunga. Bunga-bunga memiliki dua organ reproduksi yang berbeda, dan lebih kuat pada alat reproduksi jantan (zigot). Bak penampung yang dengan luas obconic-campanulate, lebih pendek dengan cuping calyx (kelopak), tidak simetris, cekung, berbulu pada permukaan kedua-duanya, tetapi kerongkongan tidak dihalangi oleh retrorse rambut; calyx (cuping kelopak) 5, berbeda, suborbicilar (agak bundar) ke lingulate, betul-betul tertutup.Petal (mahkota) 5, berbeda ukuran dan bentuk, yang 2 pantat lebih besar dari yang lainnya, dengan jelas sebuah garis tepi; benangsari 8-30, kawat pijar mempersatukan separuh bagi tiga triwulan;perempat panjangnya ke dalam suatu tali pengikat; staminodes 5-8, benang sari yang opposite (berhadapan) bentuknya. Bentuk telur atau ovary dimasukkan secara menyamping pada mulut penampung pada daun; unilocular dengan dua bentuk bulat telur atau oval. Buah besar, keras; epicarp glabrous (licin atau gundul), crustaceous-verrucose; endocarp keras, tebal, bagian dalam glabrous (licin atau gundull), retak tak beraturan pada saat perkecambahan. Kotiledon sedikit menganga.
1. Kostermanthus heteropetalus
Pohon dengan tinggi mencapai 35 m, pohon tua dengan penopang dinding mencapai 1 m di atas batang, cabang muda glabrous pada lentisel. Stipul mencapai panjang 6-7 mm, sebagian intrapetiolar, carinate, ovate (bulat telur), foliaceous, acute sampai acuminate (runcing hingga meruning), kokoh hingga semi kokoh. Daun coriaceous, biasanya eliptikal (elips) hingga subovate (bulat telur sungsang) hingga yang paling langka lanceolate, 5-20 dengan 2,5-6 cm, menumpulkan acuminate pada pucuk, cuneate hingga rounded (melingkar) pada dasar, glabrous pada kedua permukaan, dengan papillose pada venation pada kedua permukaan memberi sebuah penampilan seperti embun, midrib prominulous di atas, terbuka di bawah, saluran pembuluh utama 6-10 pasang, arcuate, ramping, terbuka pada bagian bawah, petiolus (tangkai daun) mencapai panjang 6-12 mm, kadang-kadang alate ringan dari garis tepi daun, yang ramping diratakan di atas, eglandular. Bunga majemuk (Inflorescences) dengan percabangan kecil, mencapai pajang 10 cm, rachis dan cabang ringan tomentose; daun keil pada bunga ovate, acute mencapai panjang 3 mm, caducous. Bak penampung campanulate luas, panjang 2-3 mm, tomentose pada kedua permukaan, calyx (kelopak) cuping besar, berbeda, acute mencapai panjang 7 mm, pilose pada kedua permukaan, secara tak sadar mekar pada bunga. Petal (mahkota) putih merah jambu, tebal, eliptikal, cekung, paling besar mencapai panjang 15 mm, tomentose pada bagian luar, terbungkus staminal ligule, yang lainnya banyak yang kecil mencapai panjang 6 mm. Stamen 25-30 yang dipersatukan ke dalam suatu ligule secara sepihak untuk 2/3 panjangnya, mencapai 12 mm panjangnya, glabrous, kepala putik pubescent. Indung telur dengan rapat berbulu. Susunan yang dengan rapat berbulu appressed, memancung cacat. Buah ovoid, unilokular 4 dengan 3 cm, epicarp glabrous, crustaceous, endocarp keras, tebal. Kotiledon ramping, 1,5 hingga 3 cm.
Penyebaran Malay: Malay Pinsula, Sumatera, Borneo, Sulawesi, Pilipina (Mindanao). Ekologi dari laut di atas level ketinggian mencapai 500 m.
2. Kostermanthus malayanus
Pohon kecil mencapai 10 meter, lenti sel percabangan muda glabrous. Stipul lanceolate, acute, glabrous, semi kokoh, eliptikal dengan panjang mencapai 5 mm. Daun kartasius, eliptical, 14-20 dengan 6,5-8,5 cm, acuminate pada pucuk, ketajaman mencapai panjang 4-10 mm, cunate pada dasar, glabrous pada kedua permukaan, midrib camping prominulous di atas wahana, terbuka di bawah, dengan pasangan melingkar pada dasar; saluran pembuluh utama 10-13 pasangan, prominulous di atas, terbuka di bawah, petiolus 2-3 mm panjangnya, glabrous, alate camping dengan decurrent pada tepi daun. Bunga majemuk (Inflorescence) pada daerah subterminal receme atau percabangan kecil, rachis berbulu coklat, daun keil pada bunga ovate, acute mencapai panjang 3 mm, caducous. Bak penampung camping silindris, panjangnya 5 mm, sessile tomentose pada bagian luar, glabrous kecuali pada pucuk. Mahkota (petal) spatulate, panjangnya 6 mm, clawed. Stamen 8-10 yang dipersatukan ke dalam suatu ligule secara sepihak untuk setengah panjangnya. Indung telur dengan rapat berbulu. Susunan pilose lebih luas. Buah tidak diketahui.
Distribusi Malasia: Malay Peninsula (Penang). Diketahui hanya dari tipe koleksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar