Selasa, 02 Maret 2010

TIPE UTAMA PAPAN PARTIKEL


Diantara sekian banyak papan buatan yang dihasilkan, ada yang bernama papan partikel. Dengan cukup banyak potensi hutan di Indonesia, terutama jenis-jenis kayu yang lunak, maka salah satu usaha penghematan sumber daya hutan yaitu dengan membuat papan partikel
Papan partikel ialah papan buatan yang terbuat dari serpihan kayu denga bantuan partikel sintesis kemudian dipres sehingga memiliki sifat seperti kayu massif, tahan api dan merupakan bahan isolasi serta bahan akustik yang baik.
Tipe-tipe utama papan partikel yang digunakan untuk papan partikel ialah :



  1. Pasahan → partikel kecil kayu berdimensi tidak menentu yang dihasilkan apabila mengetam lebar atau mengetam sisi ketebalan kayu. Bervariasi dalam ketebalannya dan sering tergulung



  2. Serpih → partikel kecil dengan dimensi yang telah ditentukan sebelumnya yang dihasilkan dalam peralatan yang telah dikhususkan. Seragam ketebalannya, dengan orientasi serat sejajar permukaannya.



  3. Bentuk biskit → serupa serpih dalam bentuknya tetap lebih besar. Biasanya lebih dari 0,025 inchi tebalnya dan lebih dari 1 inchi panjangnya. Mungkin meruncing ujung-ujungnya.



  4. Tatal → sekeping kayu yang terpotong dari suatu blok dengan pisau yang besar atau pemukul, seperti dengan mesin pembuat tatal kayu pulp.



  5. Serbuk gergaji → dihasilkan oleh pemotongan gergaji



  6. Untaian → pasahan panjang tapi pipih dengan permukaan yang sejajar.



  7. Kerat → hampir persegi potongan melintangnya, dengan panjang paling sedikit 4 kali ketebalannya.



  8. Wol kayu (ekselsior) → kerataan panjang, berombak, ramping. Juga digunakan sebagai kasuran pada pengepakan
Meskipun papan dari semua tipe partikel ini disebut papan partikel, sebagian dipasarkan dibawah nama yang menerangkan tipe partikel yang digunakan, seperti papan biskit (waferboard). Banyak papan yang tampak serupa mungkin sangat berbeda dalam kekuatan, ketahanandan stabilitas dimensinya. Salah satukeuntungan papan patikel sebagai bahan industri ialah dapat dibuat untuk memenuhi variasi yang luas mengenai persyaratan-persyaratan penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar